Prakata dan Isi Buku: Pengantar Sejarah dan Mazhab Linguistik Arab

Prakata buku

Peradaban keilmuan Arab-Islam sesungguhnya tidak lahir murni dan orisinil dari bangsa Arab sendiri. Beberapa sentrum dari peradaban tetangga turut berkontribusi membangunnya: Hellenisme, Persia, Hindi, dan lain-lain. Di antara contohnya, yang dibahas dalam buku ini, adalah peradaban keilmuan bahasa dan linguistik Arab.

Kendati pertama kali muncul karena motivasi menjaga bahasa al-Quran, pematangan kajian linguistik Arab justru dilakukan oleh orang-orang non-Arab yang kebanyakan adalah para mantan budak (mawâli) berkebangsaan Persia. Para peletak dasar linguistik Arab klasik, seperti Sibawaih dari Mazhab Basrah dan Kisa’i dari Mazhab Kufah, adalah orang-orang Persia.

Kajian linguistik Arab klasik juga disemarakkan oleh para linguis dari mazhab keagamaan non-arus utama, seperti al-Farrâ, as-Sîrafi, dan Ibnu Jinni dari Mu’tazilah serta Ibnu Madhâ dari Mazhab Zhâhiri. Karya-karya filsafat dari Yunani bahkan diterjemahkan oleh ‘Abdullah ibn al-Muqaffa, seorang linguis yang dianggap zindiq. Linguisik Arab klasik juga turut mengambil ilmu logika yang dikembangkan orang-orang Yunani untuk memperkuat metodologinya. Teori-teori yang dikenal dalam ilmu nahwu (sintaksis) seperti istiqrâ, qiyas, ta’lil, dan ‘amil misalnya, adalah pengembangan metode berpikir seperti induksi, deduksi, rasionalisasi, dan seterusnya.

Menguraikan lebih lanjut mengenai hal-hal itu, buku ini memaparkan sejarah bahasa Arab dan metodologi linguistiknya. Buku ini terdiri dari empat bagian: (1) tentang fiqh al-lughah [kajian filologis atau asal usul bahasa]; (2) sejarah bahasa Arab dari masa Jahiliyah hingga masa Abbasiyah; (3) mazhab-mazhab nahwu; dan (4) metodologi linguistik Arab klasik dan modern.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat mengisi khazanah literatur berbahasa Indonesia yang masih langka dengan buku-buku tentang sejarah dan mazhab linguistik Arab. Buku ini ditulis dengan maksud utama untuk menjadi semacam buku pengantar bagi para pengkaji linguistik Arab dan cocok untuk para pelajar atau mahasiswa bahasa Arab level menengah.

Tidak banyak hal yang benar-benar baru dalam buku ini. Sebagian besar dari apa yang saya lakukan adalah menukil, merangkum, menerjemahkan, serta sesekali memberikan analisis dan pendapat penulis pribadi dari hasil pembacaan terhadap literatur-literatur linguistik Arab yang mayoritas berbahasa Arab. Ada dua pakar bahasa dan sastra Arab yang berulangkali dijadikan rujukan oleh penulis, yakni Ali Abdul Wahid Wafi dan Syauqi Dhaif. Pada bagian akhir buku, isi pembahasan lebih banyak berupa ringkasan dari buku-buku yang penulis baca. Ini semua tak lepas dari tujuan utama penulisan buku ini, yakni mengantarkan para pelajar linguistik Arab agar bisa mendapatkan pengetahuan dasar tentang linguistik Arab dalam bahasa Indonesia.

Karena sifatnya pengantar, pembahasan di dalam buku ini cukup ringkas. Maka dari itu penulis menganjurkan para pembaca yang ingin lebih mendalami kajian ini untuk mengamati referensi dalam catatan-catatan kaki guna menelusurinya lebih lanjut di sumber-sumber yang jadi rujukan dan mempelajarinya secara lebih mendetail.

***

Draf naskah buku ini selesai ditulis pada pertengahan 2012, ketika saya berada di tahun-tahun menjelang penulisan tugas akhir (skripsi) di jurusan Bahasa dan Sastra Arab, UIN Sunan Kalijaga. Berhubung ada beberapa hal, naskah ini cukup lama hanya berada di folder laptop dan tidak bisa terbit. Karena sudah lama, sementara pengetahuan dan cara berpikir saya sudah berubah, ada keengganan untuk menerbitkan naskah ini karena ada cukup banyak hal dalam naskah itu yang membutuhkan revisi. Banyak dari isi naskah ini yang naif dan tak lagi merepresentasikan pemikiran saya saat ini. Ditambah lagi, latar studi saya kini tak lagi berfokus pada kajian bahasa dan sastra Arab. Keengganan untuk menengok kembali dan berupaya menerbitkan naskah itu makin besar.

Hingga belakangan ini, keinginan untuk menerbitkan muncul lagi karena dua hal. Pertama karena melihat cukup banyak permintaan dari mahasiswa bahasa dan sastra Arab akan pengantar mengenai linguistik Arab dalam bahasa Indonesia. Kedua karena saya melihat naskah buku ini, yang ditulis cukup lama, akan sia-sia belaka jika hanya mendekam terus di laptop. Maka saya putuskan untuk berupaya mendapatkan penerbit yang mau menerima naskah ini.

Saya membaca lagi naskah itu. Namun karena keterbatasan akses terhadap referensi dan waktu yang saya punya kini, saya tidak dapat melakukan revisi dengan optimal. Untuk meminimalisasi bagian-bagian yang tak lagi merepresentasikan pemikiran saya saat ini, saya lebih banyak menghilangkan bagian-bagian itu, dan bukan merevisi dengan menambahinya karena, sekali lagi, saya tak lagi punya banyak akses referensi dan waktu untuk melakukannya. Dari draf naskah awal banyak yang saya hapus. Namun banyak juga bagian dalam naskah itu yang tetap saya biarkan seperti awalnya sebagai jejak pemikiran saya waktu masih S1. Meski tak sepenuhnya merepresentasikan, bagian-bagian yang saya biarkan itu minimal tidak bertentangan secara substantif dengan pemikiran saya saat ini.

***

Sebagaimana lazimnya prakata buku, saya di sini ingin menyampaikan acknowledgements. Yang pertama paling berhak mendapat terima kasih dalam penulisan buku ini ialah guru-guru saya di pesantren. Dari mereka penulis mendapat dasar-dasar gramatika bahasa Arab yang membuat saya mampu mengakses dan membaca literatur berbahasa Arab.

Kedua adalah para dosen di jurusan Bahasa dan Sastra Arab, UIN Sunan Kalijaga, yang memberikan pengetahuan lebih lanjut tentang linguistik Arab, terutama topik-topik yang menjadi bahasan utama buku ini. Terima kasih secara khusus saya haturkan kepada Pak Khoiron Nahdliyin dan Pak Ibnu Burdah.

Ketiga ialah para dosen, kolega, staf, dan teman-teman mahasiswa di institusi tempat saya belajar dan bekerja saat ini, yakni di Program Studi Agama dan Lintas Budaya (Center for Religious and Cross-cultural Studies, CRCS), Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Semoga buku ini, dalam ketaksempurnaannya, membawa berkah-manfaat bagi para penuntut ilmu.

Azis Anwar Fachrudin

______________________________________________________

DAFTAR ISI

Prakata Penulis
Bagian I: Fiqh al-Lughah: Genealogi dan Autentifikasi Bahasa Arab

  1. Fiqh al-Lughah dan Filologi ~ 3
    • Asal Muasal Bahasa Arab ~ 10
  2. Arab dalam Rumpun Semit ~ 14
    • Karakteristik Bahasa Semit ~ 17
  3. Al-Quran dan Arabisasi ~ 23

Bagian II: Sejarah Bahasa Arab: Dari Jahiliyah Sampai Abbasiyah

  1. Masa Jahiliyah: Otoritas dalam Nomadisme ~ 37
    • Syair dan Para Penyair ~ 41
  2. Masa Awal Islam: Ekspansi dan Religiositas ~ 52
    • Syair dan Para Penyair ~ 60
  3. Masa Umayyah: Rivalitas Politik dan Perjumpaan Budaya ~ 69
    • Para Penyair dan Orator ~ 75
  4. Masa Abbasiyah: Eksotisme Persia dan Hellenisme Yunani ~ 83
    • Karya Prosa dan Terjemahan ~ 86
    • Sekilas Tokoh: Ibn al-Muqaffa’ dan al-Jahizh ~ 92
    • Syair dan Para Penyair ~ 95

Bagian III: Mazhab-Mazhab Nahwu

  1. Mazhab Basrah: Qiyâs-Preskriptif ~ 105
    • Khalil ibn Ahmad ~ 111
    • Sibawaih ~ 114
    • Al-Akhfasy al-Awsath ~ 117
    • al-Mubarrid ~ 118
  2. Mazhab Kufah: Istiqrâ`-Deskriptif ~ 121
    • Kisa’i ~ 124
    • Al-Farra’ ~ 127
    • Tsa’lab ~ 128
  3. Mazhab-Mazhab Lain: Baghdad, Andalusia, dan Mesir ~ 131
    • Ibnu Jinni ~ 133
    • Ibnu Malik ~ 135

Bagian IV: Metodologi Linguistik Arab

  1. Metodologi Nahwu: Silogisme dan Rasionalisasi ~ 145
  2. Sebab-Akibat Khilaf Basrah-Kufah ~ 155
  3. Linguistik (Arab) Modern ~ 162
  4. Istilah-Istilah Linguistik Arab Tradisional ~ 171
  5. Istilah-Istilah Linguistik (Arab) Modern ~ 189

Daftar Pustaka ~ 199

____________________________________________

buku gue

Advertisements

2 thoughts on “Prakata dan Isi Buku: Pengantar Sejarah dan Mazhab Linguistik Arab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

About Azis Anwar

Click "menu" and then "disclaimer" for further inquiry about this blog and its author.